Monday, February 2, 2015

Penerapan Mikrokontroller Dalam Kehidupan Sehari-hari

THE CLAPPER


 Mikrokontroller, adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. Sederhananya, cara kerja mikrokontroler sebenarnya hanya membaca dan menulis data.

          Implementasi mikrokontroller sendiri salah satu diantaranya adalah “The Clapper” yang menggunakan sensor suara tepukan tangan untuk menyalakan atau mematikan peralatan elektronik yang ada seperti lampu dan televisi.
Gambar 1.1 The Clapper


Gambar 1.2 Rangkaian Microcontroller Clap Switch menggunakan microcontroller atmega8

       Prinsip kerja dari “The Clapper” sendiri adalah dengan menggunakan sensor suara tepukan tangan user (clap) yang nantinya suara tersebut akan masuk melalui mic yang tertanam pada perangkat tersebut yang nantinya akan diolah oleh microcontroller yang sudah terprogram dan menerjemahkannya sebagai instruksi untuk memutus atau menghubungkan arus listrik pada perangkat elektronik tertentu.

      Misalnya dengan satu kali tepukan untuk menyalakan atau mematikan lampu, dua kali tepukan untuk menyalakan atau mematikan televisi, tiga kali tepukan untuk menyalakan atau mematikan AC.

Proses kerja “The Clapper”:
  1. Inputan berupa suara tepukan masuk melalui mic.
  2. Inputan di saring apakah suara tersebut berada pada range antara 2200 hingga 2800 hertz. Bila suara yang masuk tidak berada pada rentang frekuensi tersebut, maka sistem akan mengabaikannya.
  3. Setiap suara tepukan yang masuk, akan dikirimkan berupa sinyal kepada sistem yang akan diteruskan menuju trigger elektronik yang terpasang pada perangkat-perangkat elektronik.
  4. Suara satu kali tepukan yang terregister, akan menyalakan sebuah perangkat elektronik, dan untuk mematikannya, tinggal lakukan hal yang sama
     Pada dasarnya, “The Clapper” hanya menggunakan suara dengan rentangan frekuensi tertentu sebagai trigger atau saklar untuk menyalakan dan mematikan perangkat elektronik.

Dari : http://blog.ub.ac.id/claudiofrs/2012/03/14/contoh-penerapan-mikrokontroler/

1 comment: